Senin, 17 September 2012

Mendidik Anak Menjadi Mandiri


Menumbuhkan kemandirian pada anak tidak semudah membalikkan telapak tangan, tetapi membutuhkan proses dan bimbingan dari para orang tua anak itu sendiri. Didalam proses ini ada beberapa faktor yang harus diperhatikan oleh orang tua.

1.      Bertahap Disesuaikan Dengan Usia Anak
Cara Mendidik Anak Mandiri yang pertama adalah berikan tugas satu persatu secara bertahap. Jangan memberikan tugas sekaligus karena akan membingungkan anak. Dengan demikian anak akan belajar dan mengalami pengalamannya sendiri. Setiap anak memiliki keunikannya masing-masing, jangan membandingkan dengan kakak atau adiknya.

2.      Konsisten
Cara Mendidik Anak Mandiri yang kedua adalah dalam menanamkan kemandirian orang tua harus konsisten, contoh jika anak ditugaskan untuk melepas sepatu sendiri, maka setiap anak pulang dari sekolah harus disuruh untuk melepas sepatu sendiri.

3.      Kepribadian Dan Kemampuan Intelektual
Cara Mendidik Anak Mandiri yang ketiga adalah bahwa setiap anak mempunyai kemampuan intelektual dan kepribadian masing-masing. Untuk itu orang tua harus mengamati apakah anak cukup diberi perintah didalam melakukan tugasnya atau harus dibimbing sambil memberikan contoh kongkritnya.

4.      Berikan Kata-Kata Positif
Cara Mendidik Anak Mandiri yang keempat adalah berikan pujian atau penghargaan atas usaha yang dilakukan oleh anak. Jangan memberikan tanggapan negatif apalagi menyalahkan pada anak. Jika anak masih melakukan kekeliruan, berikan arahan bagaimana seharusnya yang benar.

5.      Lingkungan Yang Mendukung
Cara Mendidik Anak Mandiri yang kelima adalah menciptakan lingkungan yang kondusif dengan proses yang sedang dilakukan pada anak, sehingga mempercepat tingkat kemandirian dan tanggung jawab dari anak. Usahakan semua orang dewasa yang ada di dalam rumah mengetahui program yang sedang dilakukan dan bisa mendukungnya.

6.      Kesabaran Yang Tinggi
Cara Mendidik Anak Mandiri yang keenam adalah dalam mendidik anak orang tua memang diharapkan untuk memiliki kesabaran yang lebih, karena anak membutuhkan waktu lebih lama agar terbiasa dan nada keluhan dari anak yang banyak. Orang tua harus merasa tega terhadap anak jika apa yang dilakukan anak sudah keluar dari program yang dijalankan. Hukuman harus diberikan sebagai konsekuensi dari pelanggaran yang dilakukan oleh anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar