Bekerja dapat membuat Anda stres.
Sederhana saja sebabnya. Telepon tidak berhenti berdering. Rekan kerja di
seberang Anda tidak berhenti bicara. Ada banyak hal yang harus dilakukan, namun
waktunya terbatas.
Meski stres dengan tingkat yang wajar bisa menjadi penyemangat yang baik, stres berat dapat mempengaruhi produktivitas, belum lagi kesehatan emosional dan fisik Anda.
Anda tidak dapat mengatur segala hal di lingkungan kerja, namun ada beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesehatan Anda.
1. Fokus Pada Satu Tugas
Jika Anda merasa seperti ditarik ke
berbagai arah, mungkin memang itulah yang terjadi. Ketika Anda merasa sangat
gelisah, fokuslah untuk menyelesaikan satu tugas terlebih dahulu. Tutup semua
browser, situs internet dan semua aplikasi kecuali yang memang Anda perlukan.
Tutup email dan matikan nada dering telepon seluler. Berkonsentrasilah untuk menyelesaikan satu atau dua hal kemudian segarkan diri dan pulihkan energi Anda sambil membaca pesan yang mungkin terlewatkan.
2. Cari Sinar Matahari
Ketika bekerja di dalam ruangan
kantor yang sama sepanjang hari, mudah untuk kehilangan sudut pandang dan email
dari atasan atau berkas yang hilang dapat membuat seakan-akan saat itu adalah
akhir dari dunia. Namun beberapa menit berada di luar ruangan dapat memberi
Anda sudut pandang baru, membuat semua hal itu tidak seburuk kelihatannya.
Sinar matahari secara ilmiah telah terbukti dapat membuat Anda lebih bahagia. Tingkat serotonin (sejenis hormon yang memberi rasa nyaman) Anda dapat meningkat saat terkena cahaya yang terang, itu sebabnya mengapa suasana hati umumnya menjadi lebih baik saat musim panas. Saat bekerja, nikmati istirahat minum kopi atau makan siang di tempat yang terdapat sinar matahari. Atau, lakukanlah jalan-jalan singkat di luar ruangan jika rasa stres tiba-tiba muncul.
3. Bersihkan Tempat Kerja
Sulit untuk tidak merasa tertekan
ketika meja Anda dipenuhi oleh berbagai kertas, berkas dan catatan-catatan
bertumpuk serta yang sengaja ditempel untuk menarik perhatian Anda. Para ahli
menyarankan untuk mengawali dan mengakhiri hari Anda dengan merapikan tempat
kerja. Saya juga terkadang tidak melakukannya, namun saya mencoba untuk menjaga
kebersihan.
4. ‘Go Green’
Memelihara tanaman di kantor atau
ruangan Anda dapat mengurangi stres, meningkatkan kesehatan Anda, dan bahkan
menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Washington
State University menemukan bahwa para partisipan di dalam sebuah laboratorium
komputer kampus yang memiliki tanaman dapat bereaksi lebih cepat, sedikit stres
dan lebih bisa fokus dibandingkan dengan rekan mereka yang berada di ruangan
yang tidak terdapat tanaman.
5. Nikmati Teh Hijau
Teh hijau (minuman yang dikonsumsi
paling banyak kedua di dunia setelah air) memiliki banyak manfaat kesehatan,
termasuk mengurangi stres. Sebuah penelitian besar di Jepang yang menghubungkan
teh hijau dengan berkurangnya tingkat stres dipublikasikan di “American Journal
of Clinical Nutrition”. Teh hijau mengandung asam amino L-tanin, yang membuat
tenang dan menjaga daya konsentrasi Anda. Teh hijau mengandung kafein yang
cukup dan lebih ramah terhadap tubuh dibandingkan kopi.
6. Berolahraga
Tidak peduli seberapa padatnya
jadwal Anda, sisihkan waktu untuk berolahraga. Olahraga yang baik dapat
membantu menghilangkan stres, menjaga rutinitas dan berpikir secara jernih.
Aktivitas fisik membantu tubuh Anda menghasilkan lebih banyak endorfin (sejenis
hormon yang memberi rasa bahagia), untuk menjaga suasana hati Anda tetap baik
bahkan ketika hari-hari terasa sulit. Presiden Obama bahkan rutin melakukan
latihan kebugaran, mengandalkan olahraga untuk memperkuat hidupnya.
Cara menyeimbangkan stres berbeda bagi setiap orang, kuncinya mengetahui apa yang cocok bagi Anda. Apa yang Anda lakukan untuk tetap tenang dan menjaga kewarasan di tempat kerja?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar